Hadiri Upacara Hari Berkabung Daerah
2024-07-01 13:52:11

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Ketapang, H. Farhan, S.E., M. Si,
Wakil ketua DPRD Ketapang, Suprapto,S.Pd.,M.M., Kejaksaan Negri Ketapang, Panter Sinambela, S.H., Dandim 1203/Ketapang diwakili Pasi Intel, Kapten Inf Yulianto, Danalanal Ketapang diwakili Pjs Danposal Delta Pawan Letda Laut (P) M Ridwan, Kapolres Ketapang diwakili Kasat Binmas Akp Sumiadinata, Ketua Pengadilan Agama Ahcmad Sarkowi, S.H.I., Kepala Dinas OPD Kab. Ketapang, Kabag dilingkungan Sekretariat DPRD Kabupaten Ketapang, ASN dari Dinas OPD/Instansi, Perwakilan persid Kodim 1203/Ktp, Perwakilan Jalasenastri Cab 4 Lanal Ketapang, Pengurus PKK Kab. Ketapang, Tamu undangan lainnya.

Sedangkan Peserta Upacara antara lain dari Kodim 1203/Ktp, Lanal Ketapang, Kompi Brimob Ketapang, Polres Ketapang, Satuan Pol PP Ketapang, Pemadam kebakaran, BPBD Ketapang, Ormas, Pemuda Pancasila, para ASN dari Dinas/Instansi dilingkungan Pemerintah Daerah Kabuapten ketapang.

WWakil Bupati Ketapang, H. Farhan, S.E., M. Si menjadi Inspektur dalam Upacara tersebut dan sekaligus membacakan sambutan Pj. Gubernur Kalbar dr. Harisson, M. Kes., dalam Rangka Hari Berkabung Daerah tahun 2024, dengan tema “Meneruskan Cita-cita Pahlawan Adalah Bukti Kepedulianku Terhadap Bangsa dan Negara” adalah sebagai berikut :

Upacara ini dilaksanakan sebagai bentuk penghargaan kepada para pejuang, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat mempertahankan bangsa dan negara dari penjajahan jepang dibumi khatulistiwa provinsi kalimantan barat. selain itu upacara ini merupakan salah satu cara kita mengingatkan kembali kepada masyarakat, khususnya generasi penerus bangsa, akan perjuangan masyarakat kalimantan barat melawan kekejaman penjajah, khususnya pada masa penjajahan jepang di kalimantan barat.

Upacara hari berkabung daerah yang kita laksanakan hari ini sejalan dengan ungkapan para pendahulu kita yang sering dikenal dengan ungkapan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. dengan ungkapan tersebut diatas sudah sepantasnya kita sebagai generasi penerus cita-cita bangsa patut bersyukur bisa menikmati alam kemerdekaan seperti yang kita rasakan bersama saat ini.

Karena para pendahulu kita merebut kemerdekaan dengan pengorbanan yang luar biasa, baik harta, jiwa maupun raga, oleh karena itu hari berkabung daerah yang kita peringati pada hari ini setiap tanggal 28 juni dilaksanakan dengan mengedepankan upaya menumbuh kembangkan nilai kepahlawananan, dan bagaimana kita dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya untuk kemudian diimplementasikan dalam membangun dan mempersatukan masyarakat kalimantan barat, khusunya dan masyarakat indonesia pada umumnya.

Semangat dan nilai kepahlawanan yang ditunjukan oleh para pendahulu kita hendaknya dapat kita hayati dan menjadi inspirasi yang kemudian memacu dan memicu kita semua dalam mengisi kemerdekaan ini. hari berkabung daerah tahun 2024 ini meengangkat tema meneruskan cita-cita pahlawan adalah bukti kepedulianku terhadap bangsa dan negara, hendaknya dapat menjadi momentum untuk meningkatkan semangat generasi untuk membangun negeri dengan dasar rasa kecintaan terhadap tanah air.

Kepedulian dan kebersamaan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan, dalam mengatasi berbagai masalah yang melanda bangsa ini. berbagai permasalah yang kita hadapi mulai dari kemiskinan, pengangguran, ketelantaran,keterpencilan, kesehatan dan pendidikan sampai bencana alam, serta masalah sosial lainnya, bersama-sama memerlukan perhatian dan keseriusan kita untuk menanggulanginya. Semangat dan nilai nilai luhur pahlawan pejuang di bumi kalimantan barat. seperti rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, suka menolong, dan sebagainya sebagaimana yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita, hendaknya dapat menggugah hati untuk berjuang bersama melawan berbagai persoalan dengan mengutamakan azas persatuan dan kesatuan bangsa.

Saya yakin dan percaya apabila seluruh elemen bangsa memiliki kesadaran untuk mengamalkan semangat persatuan dan kesatuan nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari hari maka semangat patriotisme dan nasionalisme akan tumbuh kuat dengan sendirinya dan tidak akan mudah terprovokasi, untuk itu dengan hari berkabung daerah tahun 2024 ini mari kita rapatkan barisan untuk berjuang membangun negeri demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat kalimantan barat, dan bersama sama merupakan bangsa indonesia sebagai bangsa yang bermartabat yang dapat berdiri sejajar dengan negara lain didunia, serta keutuhan negara kesatuan republik indonesia dapat terus terjaga.